Keindahan Pantai Baron Gunugkidul Yogyakarta

Keindahan Pantai Baron Gunugkidul Yogyakarta – Membicarakan Jogja tak akan pernah lengkap tanpa membicarakan tempat wista di kota ini. Jogja dan wisata yang ada itu sudah menjadi hal yang tak akan terpisahkan, Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Jogja adalah Pantai Baron Gunugkidul Yogyakarta . Pantai Baron bisa dibilang merupakan salah satu dari sekinb banyak wisata pantai yang wajib kita kunjungi jika berlibur di Jogja. Dab oantai baron ini memiliki keunikan tersendiri yang tak akan kita dapatkan di lokasi-lokasi lainnya.

Pantai Baron ialah salah satu pantai yang unik, karena di pantai baron ini kita bisa menemukan dua jenis air, yaitu tawar dan asin.

Bukan hannya aliran sungai biasa, aliran sungai yang terletak di sebelah barat Pantai Baron ini langsung mengalir kearah laut, sertta uniknya aliran air ini setiap 5 tahun sekali sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir membelah pasir pantai ke timur terlebih dahulu sebelum bermuara di laut.

Tidak jauh berbeda dengan beberapa pantai di sekitarnya, setiap tanggal 1 Syura di Pantai Baron ini selalu diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih dari masyarakat setempat atas panen ikan yang melimpah ruah.

pantai baron dipercaya sebagai tempat pendaratan kapal milik Belanda pada masanya. Kapal belanda ini dipimpin oleh seoarang belanda bernama Baron Skeber. Masyarakat banyak yang percaya bahwa Baron tersebut memimpin pemberontakan terhadap Mataram Islam.

Pantai baron ini dijadikan tempat untuk menyimpan beberpa asenjata yang mereka gunakan dalam pemberontakan terhadap mataram islam. Asal Negara maan dari Baron Skeber ini juga tidak jelas, ada masyarakat menyebutnya dari Belanda, ada yang menyebutnya dari Spanyol, ada juga yang menyebutnya berasal dari Portugal.

Pemelihan pantai ini sebagai tempat berlabuhnya kapal tersbut karena kondisi pantai ini yang seperti teluk. Bibir pantai yang menjorok ke daratan serta kedalam air yang berada di teluk tersebut menjadikannya tempat yng pas untuk berlabuh. Sampai saat ini pantai ini masih merupakan pantai yang aktif dengan nelayannya.

pantai baron memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan beragam. fasilitas yang disediakan sangat memudahkan bagi kita pengunjung selama berwisata di pantai tersebut

fasilitas yang dimiliki oleh tempat baron seperti camping ground, dimana pantai baron ini merupakan salah satu tempat camping di Jogja. Camping di pantai ini merupakan suatu hal yang sangat menarik dan akan menwarkan pengalan tersendiri bagi kita.

pantai ini sendrii memiliki sebuah mercusuar yang masih aktif.Mercusuar ini merupakan salah satu hal unik yang dimiliki oleh tempat ini. Pengelolaan mercusuar ini sendiri langsung berada di bawah kementrian Kelautan. Pengunjung dapat naik ke pucak mercusuar dengan biaya Rp 5.000,-. Puncak mercusuar ini sendiri merupakan salah satu spot foto di pantai baron yang sangat indah.

selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai macam tempat kuliner hasil laut yang bisa kita nikmati sepuasnya. banyaknya tempat penjualan souvenir serta oleh-oleh yang akan kita temui disini

jika kita malas atau tidak mau menggunakan fasilitas camping di pantai ini. Kita bisa memanfaatka beberapa hotel atau penginapan yang berada di sekitar pantai ini. jarak penginapan dengan pantai sendiri bisa dibilang sangat dekat. jadi kita tak perlu susah-susah untuk dapat mencapai pantai ini sendiri. beberapa penginapan yang bisa kita gunakan sebagai tempat menginap seperti

  1. Penginapan Baronsari yang juga berada di Pantai baron sendiri. penginapan ini memiliki 9 kamar tidur dengan tarif permalam antara Rp 150,000 sampai Rp 300,000. selain itu penginapan ini juga memiliki fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap dan memadai.
  2. Hotel Bintang Baru, penginapan ini juga berada dekat dengan pantai Baron. hotel ini sendiri memiliki 16 kamar yang sangat banyak. selain itu harga tarif kamar yang ditawarkan di tempat ini bisa dibilang jauh lebih murah. namun, harga yang ditawarkan tersebut bisa saja berubah dan berganti setiap saat
  3. Griya Limasan Gunung Kidul kalo yang satu ini memiliki jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 2 Km dari pantai baron, namun fasilitas yang meraka tawarkan sangat lengkap dan memadai. serta sangat memanjakan kita sebagai konsumen.
  4. Calida Hotel tempat ini juga memiliki jarak tempuh ke lokasi pantai baron sekitar 2 Km. fasilitas yang mereka berikan pun sangat lengkap dan memadai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*