Pantai parangtritis Pantai yang Penuh Cerita

Pantai parangtritis – Pantai yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta, yang termasuk destinasi Wisata yang indah di kabupaten Bantul yang sudah menjadi buah bibir sampai kemancanegara.dengan lokasi pantai yang cukup strategis, serta tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta membuat pantai parangtritis ini lebih banyak pengunjung dibanding pantai lainnya. dengan menempuh waktu kira-kira satu jam dari kota Yogyakarta, pengunjung bisa sampai di pantai parangtritis danlangsung menikmati pemandangannya.

Menurut cerita masyarakat di sekitar pantai parangtritis, dahulu kala ada seorang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Lalu dia ber semedi. Saat dia sedang bersemedi, dia melihat dari celah-celah batu karang banyak menjatuhkan banyak tetesan air. Nah dalam bahasa Jawa, karang disebut juga dengan “paran”. Sedangkan tetesan air itu disebut dengan “tumatitis”, sehingga jadilah nama daerah itu dengan sebutan “Parangtritis” artinya air yang menetes dari batu. Cerita ini menjadi salah satu asal usul dari nama Pantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Mitos yang beredar tentang Pantai Parangtritis

Selain cerita yang ada di atas, sudah menjadi rahasia umum di masyarakat Indonesia bahkan luar negeri, bukan hannya masyarakat jogja saja, jika di pantai parangtritis ini adalah kekuasaan oleh Nyai Roro Kidul. Berkembang pula di masyarakat setempat bahkan wisatawan dari luar pun percaya jika Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan yang merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul.

Selain itu juga,mitos yang terus diyakini dan terus berkembang di masyarakat Yogyakarta terutama, Yakni mitos tentang Nyai Roro Kidul yang amat menyukai benda-benda berwarna hijau.

Sehingga berlakulah saran tetapi mengarah pada larangan di pantai parangtritis untuk wisatawan agar tidak memakai pakaian atau benda-benda yang berwarna hijau saat berada di sana. Konon, jika sampai Nyai Roro Kidul tertarik atau berkeinginan dengan anda, anda semua dapat diseret ke laut atau istananya untuk diajak gabung dengan dia atau anda dijadikan prajuritnya bila sampai benar benar anda sesuatu  membawa warna hijau.

Terlepas dari semua mitos yang ada, Pengunjung Pantai Parangtritis tetap harus hati-hati karena ombak di sana bisa dibilang sangat besar. Maka dari itu, pengunjung sangat dilarang jikaingin mandi di pantai karena landscape pantai memang sangat curam dan berbahaya.

Lokasi Pantai Parangtritis

Jarak Malioboro atau titik 0 km ke Pantai Parangtritis sekitar 28 km. Lokasi ini dapat dicapai lewat sebuah desa bernama Kretek. yakni desa yang letaknya dipinggir jalan Parangtritis. Saat Anda berada di posisi luar kota yogyakarta, ambil jalan yang menuju atau melalui Jalan Parangtritis, ikuti arah tersebut sampai menuju ke selatan hingga sampai ke Pantai Parangtritis. Rute inilah yang paling cepat dan lancar bagi para wisatawan yang belum begitu mengenal seluk-beluk jalanan menuju wisata Pantai Parangtritis Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan yang berbeda dalam perjalanan menuju Pantai Parangtrits ini, silahkan ambil rute yang satu ini yaitu lewat sisi sebelah tenggara kota Jogja, pemandangannya cukup indah melalui jalan Imogiri dan melewati desa Siluk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*