Pesona Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul

Pesona Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul – Pesona wisata di Gunung Kidul yogyakarta tidak pernah habis. Kalau selama ini kita cuma baru mengetahu pantai-pantainya yang menawan, ternyata ada surga yang tersembunyi di Gunug Kidul Yogyakarta adalah Air Terjun Luweng Sampang. Gunung Kidul memiliki daerah dengan bebatuan cadas, dan air terjun di Luweng Sampang pun dihiasi dengan batuan-batuan cadas yang berwarna putih. Batuannya terkena erosi air sehingga terkikis alami dan membentuk garis-garis yang unik dan menawan. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari Air Terjun Luweng Sampang ini.

Air terjun yang satu ini memang memiliki keindahan tersendiri. air terjunnya sendiri bisa dibilang tidak terlalu tinggi bahkan justru terkesan pendek. Serta luas area dari air terjun ini sendiri tidak terlalu luas. Namun yang membuat lokasi ini menjadi sangat menarik adalah adanya dinding kapur yang mengelilingi air terjun ini.

Dinding kapur yang mengelilingi air terjun ini terbentuk dari akibat akibat terkikis aliran air yang memang sudah sejak lama berada di daerah tersebut. Kebaradaan dinding kapur bukan lah hal yang baru, terutama di daerah gunung kidul.Hal ini karena memang daerah Gunung Kidul sendiri adalah daerah Karst yang di dominasi oleh bukit kapur.

Kita sering melihat banyak air terjun yang menjulang tinggi di tebing padas terlihat kokoh seperti Air terjun Madakaripura. Namun, di air terjun yang satu ini kita tak akan memlihat sesuatu hal yang gagah, tapi lebih menjurus pada tenang. Air terjun ini sendiri memang memberikan susana begitu tenang jika kita datang dan menikmati keindahannya. sebenarnya pun ada dua air terjun di daerah ini. Jika kita menelusuri arus sungai yang menjadi air terjun maka kita akan menemukan air terjun kedua. Jarak kedua air terjun ini sendiri tak terlalu jauh.

Selain keindahan tebing batu kapurnya, hal lain yang menjadi daya tarik di air terjun ini adalah warna airnya. Jika kita sedang beruntung maka warna dari air di tempat ini akan menjadi hijau kebiruan. namun, warna air di air terjun ini sendiri dipengaruhi oleh intensitas hujan yang ada. jika hujan lebat datang maka warna air akan menjadi coklat keruh.

Rute Air Terjun Luweng Sampang
Jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 30km atau dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan. Ada dua rute yang dapat dipilih untuk menuju air terjun Luweng Sampang sebagai berikut:

  1. Yogyakarta -> Ringroad ketandan -> Jl. Wonosari -> Piyungan -> Bukit bintang -> Patuk -> Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri -> Ngoro-oro Ombo -> ada Perempatan Puskesmas Patuk II -> (ambil yang lurus) -> Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri) -> Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) -> Balai Desa Terbah -> ada pertigaan ambil yang lurus kemudian  ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.
  2. Yogyakarta -> Maguo -> Prambanan -> Dari jalan Jogja solo ambil kanan (selatan) -> menuju Desa Gantiwarno Klaten -> SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten -> Desa Sampang Gunungkidul -> Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 km nah kemudian letak air terjun Luweng Sampang di kiri jalan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*