Wisata Alam Tanpa Pepohonan yang Rindang – Pesona Tebing Breksi

Wisata Alam Tanpa Pepohonan yang Rindang (Pesona Tebing  Breksi) – Wisata alam biasanya selalu di penuhi dengan pepohonan yang hujau, rindang serta sejuk, jika kita menikmati Pesona Tebing  Breksi ini  justru Pengunjung akan merasakan panas dengan suasana alam yang gersang. Akan tetapi, meskipun panas dan gersang masih banyak para pengunjung yang berkunjung untuk menyaksikan keunikan obyek wisata di kabupaten sleman ini.

Batu-batuan yang berada di tempat ini meruapakan batuan yang jenis batu kapur breksi. Dan telah lama lokasi ini menjadi sumber mata pencaharian masyarakat yang ada di sekitar tebing breksi ini yang merupakan penambangan batu alam. Namun pada tahun 2014 an, terbit lah larangan menambang batuan yang ada di sekitar lokasi. Di karenakan Berdasarkan hasil penelitian oleh para peneliti yang ada di jogja, ditemukan fakta bahwa ternyata batuan yang ada di lokasi penambangan batuan breksi ini menunjukkan adanya kesamaan dengan mineral yang terkandung dalam abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Artinya, batuan yang ada di lokasi ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran yang usianya sudah sangat tua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kemudian diterbitkan keputusan untuk menjadikan kawasan tambang menjadi kawasan cagar budaya yang harus dilestarikan. Dengan terbitnya peraturan ini, maka aktivitas penambangan batu otomatis dihentikan. Cagar budaya ini juga meliputi kawasan tebing di sekitarnya termasuk kompleks Candi Ijo yang memiliki pemandangan sunset yang indah.

Untuk berkunjung ke Tebing breksi ini sangat lah dekat dengan Candi Ijo yang berada di Sleman dan tidak jauh dengan pusat kota yogyakarta. Untuk mencapai ke tebing breksi ini penmgunjung dapat mengerahkan kendaraan pengunjung ke Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman.  Pengunjung juga dapat menggunakan berbagai kendaraan seperti sepeda motor atau juga dapat menggunakan mobiul, juka pengunjung dari daerah luar jogja bisa juga dengan menyewa mobil atau kendaraan lain.

Tempat wisata yang satu ini tergolong baru alias belum lama, untuk masuk ke Tebing breksi pengunjung hanya dikenakan bayar seiklasnya saja alias belum ada tarif yang poasti dari pengelolanya. Untuk biaya parkirnya pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 saja untuk sepeda motornsatunya, sedangkan untuk mobil dengan biaya Rp. 5.000 saja.

Sedikit Tips

Bagipengunjung yang ingin menikati matahari tenggelam atau sanset, tebing breksi merupakan salah satu tempat terindah untuk di kunjungi atau di nikmati. Karena tebing ini menghadap ke barat yang langsung dapat melihat tatapan matahari yang indaha saat tenggelam.

Atau pengunjung ingin menikmati indahnya malam bak di istana, tebing breksi juga memiliki keindahan itu, dengan sorotan lampu yang sangat terang dan indah tebing breksi ini bak istana yang begitu megah.

Nah, begitulah kira kira informasi tebing breksi yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menginspirasi Anda dalam memilih tempat wisata yang menarik di jogja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*