Adnan Sebut Peringatan Nuzulul Qur’an Momentum Membumikan Alquran



HUMASGOWA, Prnahitam.com – Salah satu keistimewaan dalam Bulan Suci Ramadan yakni terdapat Malam Nuzulul Qur’an atau peristiwa malam turunnya Al Qur’an. 

Sebagai cara untuk mengamalkan peringatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gowa melaksanakan tarawih bersama masyarakat di Masjid Istiqlal Desa Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Jum’at (7/4). 
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan Al Qur’an diturunkan sebagai pedoman bagi umat islam untuk mengetahui mana yang baik, buruk, dan yang haq serta yang bathil. 
“Insya Allah apabila kita membumikan Al Qur’an dalam suatu daerah maka tentulah keberkahan Allah akan datang kepada kita,” ungkapnya. 
Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan berbagai program strategis Pemkab Gowa baik yang sudah berjalan maupun yang akan dijalankan di tahun 2023 ini, salah satunya Lembaga Pendidikan Mahasantri yang merupakan inovasi pertama di Indonesia. 
“Sejalan dengan peringatan Malam Nuzulul Qur’an hari ini, alhamdulillah kita memiliki satu program yang Insya Allah bisa menjadi percontohan nasional yaitu program mahasantri karena ini merupakan program terbaru di Indonesia, dimana baru ada menghafal Qur’an sekaligus bisa berkuliah mengambil mata kuliah yang berkolerasi dengan hafalannya karena kita bekerjasama dengan UIN Alauddin, dan ketika selesai menghafal Qur’an, mereka juga bisa mengikui KKN dan skripsi, setelah itu akan menjadi lulusan UIN Alauddin dengan title S.Ag,” jelas Adnan. 
Ia berharap melalui program yang dihadirkan ini akan semakin membumikan Al Qur’an dan setiap desa/kelurahan memiliki penghafal Al Qur’an. 
“Apabila program ini terus dilanjutkan maka tidak menutup kemungkinan nantinya setiap RT/RW memiliki penghafal Qur’an sehingga kedepan keberkahan akan selalu turun untuk Kabupaten Gowa,” harapnya. 
Pada peringatan Malam Nuzulul Qur’an ini juga diserahkan bantuan kepada Masjid Istiqlal Desa Pattalassang sebesar Rp 50 juta dan dilanjutkan ceramah Ustads Munawir Muhammad, yang menjelaskan tentang proses turunnya Al Qur’an. 
Turut hadir pada peringatan ini Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Kamsina, Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan, Wakil Ketua TP PKK Gowa, Mussadiyah Rauf, Forkopimda Kabupaten Gowa dan para Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.
(NH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *