, , ,

Di Duga Bendera Merah Putih Yang Dipasang Tiang Depan Kantor Desa Karang Anyar Terlihat Robek

Penahitam.com // Bekasi – Kantor Desa Karanganyar yang berada di Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi. Di Duga mengibarkan Bendera Merah Putih yang sudah Robek di tiang depan Halaman Kantor Desa.

Ini seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Pasal 24 huruf c UU 24/2009 ditegaskan, “Setiap orang dilarang mengibarkan Bendera Negara yang robek, rusak, luntur, kusut, atau kusam”

Larangan ini juga dipertegas dengan ancaman bagi yang melanggar. Yakni, dalam Pasal 67 huruf b yang berbunyi, “Apabila dengan sengaja mengibarkan Bendera Negara yang robek, rusak, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana disebutkan dalam Pasal 24 huruf c, maka bisa dipidana dengan kurungan paling lama 1 tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp 100 juta.”

Selain larangan pemasangan Bendera Negara yang rusak, beberapa hal lain juga dilarang sesuai ketentuan Pasal 24 UU 24/2009.

Pada saat awak media penahitam.com.. Monitoring di acara Musrenbangdes Desa Karanganyar Hari Kamis (11/01/24). Didapati Bendera merah putih yang terpasang di tiang bendera sudah robek bagian ujung benderanya.

Kepala Desa Karang Anyar Arni Saat di konfirmasi terkait bendera yang robek mengatakan,”Saya tidak perhatikan kalau bendera yang di tiang itu robek mungkin karena paktor alam,”jelasnya.

Sekdes juga mengatakan “Tenang nanti saya ganti, “udah ada bendera penggantinya,”Ucapnya

Akan tetapi seharusnya, sebelum acara musrenbangdes bendera itu sudah di ganti karena pada waktu acara musrenbangdes banyak yang hadir termasuk pak camat dan staf-stafnya.

Apakah memang suatu kelalaian, atau memang tidak ada yang memperhatikan di antara banyak staf desa yang hadir setiap harinya.

( Wan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *