Irjen Pol (P)Drs Ricky F Wakanno Ginting Hadir di Acara Syukuran Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Keluarga Besar Karo Katolik Se-Jabodetabek



BOGOR-Keluarga besar Karo Katolik Se-Jabodetabek mengadakan syukur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Gedung Pertemuan Jambur Simalem Mulia Kasih Nanggewer Bogor Jawa Barat, Minggu (15/01/2023) pukul 08.00 pagi wib -selesai.

Syukur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan mengakat thema:Emaka Muli Ia Arah Dalan Sideban Ku Negerina, artinya Maka pulang lah mereka ke negrinya melalui jalan lain( Matius 2:12 B)
Sub Thema: Ketubuhen Yesus I Doni Maba Dame Ras Keriahen Ukur artinya kelahiran Yesus kedunia bawa damai dan hati yang gembira.
Pembicara: Pastor Koprilius Sitepu OFM, Cap.
Pantauan awak media di lokasi acara, ribuan warga Karo Se-Jabodetabek dan sekitarnya memadati acara Natal dan Tahun Baru juga diisi dengan berbagai tarian daerah asal Sumatra Utara khusus nya Tanah Karo.
Irjen Pol (P) Drs Ricky F Wakanno mengatakan, saya mendapat undangan khusus dari saudara saya asal Karo bapak Jansen Hermanus Ginting mengundang saya datang ke acara syukur Natal 2022 & Tahun Baru 2023 keluarga besar Karo Katolik Se-Jabodetabek.
Jadi acara ini merupakan acara silahturahmi warga Karo Se-Jabodetabek yang khusus agama Katolik tapi tadi ada saudara kita dari muslim juga hadir, karena mereka punya ikatan kekerabatan yang semuanya berasal dari tanah Karo,”ujar Ricky F Wakanno.
Lebih lanjut Irjen Pol(P)Ricky menambahkan saya juga berterima kasih kepada Prof Andrianus Milala yang juga pada hari ini hadir dan tokoh Katolik Ramlan Ginting,itulah silahturahmi dan saling introspeksi diri.Acara nya sangat bagus sekali, ada band-nya ada drama nya,ada tarian daerah nya,”ucap Mantan Orang Nomor satu di wilayah hukum Tanah Karo.
Ditempat yang sama, DR Salman Abiahan Direktur Pendidikan Katolik Dirjen Bimas Kementerian Agama Republik Indonesia mengatakan, saya kira tradisi semacam ini perayaan sifatnya keagamaan dalam rangka syukuran natal dan tahun baru saya kira sangat baik dan baik di tradisi kan sehingga ini sebuah kesempatan khusus nya teman-teman kita masyarakat Karo yang ada di Jabodetabek bisa berkumpul dan bisa bersilaturahmi dan saling mendukung karena biar bagaimana pun di jaman moderen seperti sekarang ini penjumpaan itu penting apa lagi perjumpaan yang berasal dari satu daerah dari Sumatera Utara khusus Tanah Karo,”pungkasnya.
Salman menambahkan, jadi perjumpaan seperti ini ialah saling memotivasi, saling menguatkan satu dengan yang lain sehingga apapun profesi mereka, mereka saling mendukung karena kita ingat bahwa di era moderen sekarang orang mengalami teralianasi artinya merasa kesepian di tengah keramaian maka perjumpaan-perjumpaan seperti ini itu sangat penting,”harap nya
Sesuai dengan moderasi beragama bahwa kearifan lokal budaya itu tidak boleh di tinggal kan. Maka perayaan-perayaan seperti Natal Ekaristi infuratif budaya itu sangat penting di jaga dan di lestarikan terus sehingga teman-teman masyarakat Karo ini tidak tercabut pada akarnya karena mereka tinggal di kota metropolitan tetapi mereka tetap konsisten menghati kehidupan budaya yang ada, tari tarian yang ada dan merupakan kekayaan Indonesia yang perlu di kembangkan dan itu merupakan modal sosial yang perlu kita dukung kedepan,” Jelas Salman.
Ketua panitia Natal Jansen Hermanus Ginting menyatakan bahwa sebagai ketua panitia acara natal 2022 dan tahun baru 2023 hari ini berjalan dengan baik dan luar biasa karena itu saya sangat bersyukur kepada Tuhan.Walaupun persiapan kami sangat singkat cuman satu bulan.Dan saya berharap agar semua keluarga besar Karo Se-Jabodetabek tetap bersatu untuk memperkuat tali silaturahmi.
Dan harapan saya kedepan agar saudara-saudara yang berasal dari Tanah Karo yang belum terdaftar di harapkan agar segera mendaftar sehingga koordinasi nya baik dan juga harapan saya agar tahun depan acaranya lebih baik lagi dari sekarang,”harap Jansen.
Rilis : Yustaf Siki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *