, ,

Kapolsek Tarumajaya AKP I Gede Bagus Pimpin Pengamanan Khidmat Perayaan Waisak 2568 BE di Vihara Budha Jayanti

Penahitam.com // Bekasi – Pada Kamis, 23 Mei 2024, Vihara Budha Jayanti di Kp. Bogor, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE yang berlangsung dengan penuh khidmat dan kedamaian. Perayaan ini mendapatkan pengamanan ketat dan terorganisir yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tarumajaya, AKP I Gede Bagus.

Sejak pagi hari, suasana di sekitar Vihara Budha Jayanti sudah dipenuhi oleh umat Buddha yang datang untuk merayakan Waisak, sebuah hari suci yang memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Siddhartha Gautama. Pemandangan di vihara dihiasi dengan ornamen-ornamen khas Waisak, sementara suara doa dan nyanyian pujian mengalun lembut, menambah kekhusyukan suasana.

Untuk memastikan perayaan berjalan lancar dan aman, AKP I Gede Bagus bersama anggotanya telah mempersiapkan pengamanan dengan sangat matang. Mereka mendirikan pos pengamanan di beberapa titik strategis sekitar vihara, serta melakukan patroli secara berkala. Selain itu, pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan panitia penyelenggara untuk mengatur alur keluar masuk umat, sehingga keramaian dapat dikelola dengan baik dan tidak menimbulkan gangguan.

“Pengamanan ini adalah bentuk tanggung jawab kami untuk memastikan setiap warga dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman,” ujar AKP I Gede Bagus. “Kami berkomitmen untuk mendukung semua kegiatan keagamaan di wilayah ini, sebagai bagian dari upaya kami untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama.”

Partisipasi aktif dari pihak kepolisian ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk para tokoh agama dan masyarakat setempat. Mereka merasa lebih tenang dan terlindungi dengan adanya pengamanan ini, yang tidak hanya menjaga keamanan fisik, tetapi juga memberikan rasa nyaman secara psikologis kepada para jamaah.

Selain pengamanan, kegiatan ini juga diwarnai dengan berbagai aktivitas sosial dan budaya. Para umat Buddha melaksanakan ritual pembersihan diri, meditasi, dan pelimpahan jasa. Beberapa kegiatan amal seperti pembagian makanan dan sumbangan kepada yang membutuhkan juga dilakukan, mencerminkan semangat kasih sayang dan kebersamaan yang menjadi esensi dari perayaan Waisak.

Keberhasilan pengamanan perayaan Waisak ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara kepolisian, panitia vihara, dan masyarakat. Semua pihak berkontribusi untuk menciptakan suasana yang harmonis dan penuh toleransi. “Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga, tidak hanya pada saat perayaan hari besar keagamaan, tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita,” tambah AKP I Gede Bagus.

Dengan berakhirnya rangkaian perayaan Waisak di Vihara Budha Jayanti, umat Buddha meninggalkan vihara dengan hati yang penuh kedamaian dan rasa syukur. Pengamanan yang dipimpin oleh AKP I Gede Bagus berhasil memastikan bahwa perayaan ini dapat berlangsung dengan lancar dan aman, memperkokoh rasa kebersamaan dan toleransi di tengah masyarakat Tarumajaya.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *