PJ Bupati Buka Secara Resmi, HARNAS UMKM Kabupaten Bekasi



Penahitam.com // Kab Bekasi – Perayaan Hari Nasional UMKM tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Koperasi dan UKM menyeleggarakan acara Harnas UMKM selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 1 – 3 September 2023 di Pollux Mall Cikarang. 

Melalui Harnas UMKM tingkat Kabupaten Bekasi ini, Pemerintah terus mendukung dan berupaya agar UMKM bisa masuk ke berbagai pusat belanja modern dan pusat perekonomian.
“Pemerintah juga telah mengadakan berbagai pameran juga menempatkan produk-produk UMKM dibeberapa toko modern seperti jaringan indomaret-alfamart, di hotel juga restauran sudah terdapat space atau rak untuk gerai UMKM, bahkan setiap hari jum’at kita telah mewajibkan agar menggunakan Batik Bekasi yang merupakan produk UMKM serta adanya toko daring Bebeli yang menjual produk UMKM Kabupaten Bekasi,” ungkap Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan. Jum’at (01/09/2023).
Dani melihat, meskipun Kabupaten Bekasi dikenal sebagai pusat Industry, namun perekonomian serta kesempatan kerja masyarakatnya tidak melulu didominasi oleh sektor industri manufaktur. Justru yang menopang kegiatan industri itu adalah di usaha-usaha mikro kecil dan menengah yang juga menjadi support system bagi pergerakan industri manufaktur dan juga bagi kehidupan masyarakat sendiri,” jelasnya.
Dani Ramdan mengapresiasi para pelaku UMKM yang berhasil naik kelas, dibuktikan dengan sebuah inovasi dan terobosan baru dimana produk Tas UMKM lokal berhasil tembus ke toko retail modern Matahari. Setelah produk kuliner seperti cemilan telah lebih dahulu tembus ke jaringan Indomaret, Transmart, dan Freshmart.
“Barang yang masuk ke Matahari ataupun jaringan retail nasional seperti ini akurasinya sangat ketat, mulai dari produk, kualitas, harga dan pasar. Pastinya sudah di cek itu semua, sehingga saya bangga dan mudah-mudahan bisa memotivasi bagi pelaku UMKM lainnya, kalau terus berjuang meningkatkan produknya suatu saat akan masuk ke jaringan nasional,” jelasnya.
Sementara itu,  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Ida Farida menambahkan, peringatan hari UMKM Nasional Tingkat Kabupaten Bekasi ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari pelatihan, perijinan, kemudian juga membangun jejaring atau network bagaimana pemasaran produk.
“Alhamdulillah teman-teman berkolaborasi bersinergi antar dinas dengan seluruh pelaku UMKM yang bergabung dalam Forum UMKM Kabupaten Bekasi bisa menyelenggarakan event ini dan kedepan bisa diperluas lagi,” Ungkapnya
“Kami dari Pemerintah Daerah mensupport UMKM Kabupaten Bekasi dimana mereka bisa melaksanakan transaksi, tidak hanya di Mall, juga pasar-pasar malam yang ada di Kecamatan. Tentunya para camat juga melakukan hal yang sama untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan, tidak hanya di sektor formal tapi bagaimana milenial-milenial muda ini bisa kita ciptakan menjadi pelaku-pelaku usaha, ”Harapnya.
Arnie Owner Caly Bags juga sebagai Ketua Koperasi Sebatik Mandiri Kabupaten Bekasi mengatakan sangat bangga dan senang dengan hasil produk-produk UMKM nya bisa menerobos dan menjalin kerjasama sebagai Mitra Matahari Mall, hali ini juga disaksikan langsung oleh Pj Bupati Dani Ramdan sekaligus memotong pita pertanda resmi Tas Batik Caly ada di Matahari. 
Arnie didamping Ibu Sarbiah sebagai Bendahara Koperasi Sebatik Mandiri Kabupaten Bekasi berharap kedepannya Tas Batik Caly bisa mendapat tempat di berbagai retail juga pusat-pusat perekonomian seperti yang kita lakukan sekarang, bahwa Tas Batik Caly telah bekerjasama dengan Matahari Mall, ini membuktikan bahwa kwalitas produk UMKM tidak kalah dengan produk pabrikan dan terlebih Tas Batik Caly menjadi idola dan mendapat tempat di hati masyarakat. 
Lanjut Arnie, Adapun Tas Batik Caly ini adalah tas batik yang unik dan juga sangat menarik karena menonjolkan budaya nusantara dengan berbagai motif batik dari berbagai daerah dan juga tenunan, “ujar Arnie
Tas batik Caly sedang berupaya untuk mengenalkan produk kami ke mancanegara dan berharap produk UMKM nya dapat di export ke berbagai negara di dunia. 
Kami juga sangat berharap ke pihak pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar selalu mendukung, membantu bahkan memfasilitasi kami agar produk UMKM Tas Batik Caly ini bisa segera go Internasional. “Pungkasnya
( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *