Tingkatkan Keandalan Listrik, PLN UPT Bekasi Lakukan Sweeping Rutin Layang-Layang



Penahitam.com // BEKASI – Sebagai upaya peningkatan keandalan jaringan listrik, khususnya dalam mengantisipasi terjadinya gangguan listrik akibat kawat layang-layang, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (PLN UIT JBT) melalui UPT Bekasi melakukan kegiatan rutin sweeping layang-layang.

Kegiatan itu dilakukan di sejumlah lokasi SUTT dan SUTET yang memiliki potensi terjadi gangguan layang-layang di wilayah kerja PLN UPT Bekasi.
PLN UPT Bekasi melakukan kolaborasi dengan Aparat Kepolisian dan TNI untuk kegiatan tersebut, guna memberikan himbauan dan melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan SUTT/SUTET, serta memastikan larangan penggunaan benang kawat dalam permainan layang-layang.
“Kegiatan ini kami lakukan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada warga tentang bahaya yang mengancam jika bermain layang-layang di dekat jaringan SUTT/SUTET,” ucap Manager UPT Bekasi Eka Annise Ambarani, Selasa 15 Agustus 2023, di Bekasi.
Saat ini, terang Eka, kegiatan difokuskan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Cikarang Barat, Kecamatan Cikarang Utara serta Kecamatan Teluk Jambe. 
Selain kegiatan sweeping, PLN UPT Bekasi juga melakukan sosialisasi manfaat dan bahaya listrik kepada masyarakat khususnya bahaya bermain layang-layang disekitar jaringan SUTT/SUTET. 
Dalam kegiatan Sweeping ini, PLN UPT Bekasi menerjunkan tim gabungan yang terdiri dari Pegawai Gardu Induk, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT). 
Tim Gabungan tersebut melakukan penyisiran pemain layang-layang di sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi gangguan layang-layang dengan melakukan penyitaan layang-layang berkawat serta memberikan edukasi kepada masyarakat. 
General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono mengungkapkan di tahun 2023 terjadi beberapa kali gangguan akibat layang-layang di wilayah PLN UIT JBT. 
“Kegiatan sweeping dan sosialisasi akan bahaya bermain layang-layang akan terus dilakukan di seluruh wilayah kerja oleh Tim PLN UIT JBT,” tandas Tejo.
Tejo pun menghimbau agar bermain layang-layang di tempat yang tepat, serta tidak membahayakan bagi pemain maupun jaringan tenaga listrik, sehingga tidak mengganggu kepentingan umum.
 
Kegiatan Sweeping ini merupakan komitmen PLN UIT JBT dalam meningkatkan keandalan jaringan listrik (SUTT/SUTET), dengan melakukan antisipasi dan memastikan keamanan jaringan transmisi dari berbagai gangguan.
Termasuk gangguan material dari layang-layang berkawat yang putus dan tersangkut pada jaringan listrik, dan kerap menimbulkan persoalan pada layanan kelistrikan.
Dengan kegiatan sweeping dan sosialisasi ini, diharapkan dapat mengantisipasi gangguan listrik yang disebabkan layang-layang, agar kehandalan pasokan listrik untuk masyarakat tetap terjaga. 
(red/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *